Hari Raya Idul Fitri menjadi saat yang dinanti setelah selama sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadan. Mudik ke kampung halaman menjadi salah satu tradisi yang kerap dijalani oleh masyarakat Indonesia saat Lebaran tiba.

 

Tapi, perjalanan Kamu akan terasa tidak menyenangkan bila kesehatan fisik selama mudik Kamu mengalami gangguan. Salah satu yang sering dialami adalah gangguan batuk. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab Kamu mengalami batuk yang tak kunjung reda, dan itu sangat menjengkelkan.

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan Kalau Kamu Sedang Batuk!

 

Namun sebenarnya, batuk juga memiliki maksud positif lho, Gengs. Menurut Profesor Ron Eccles, direktur Common Cold Centre di Cardiff University, seperti yang dikutip dari Mirror.co.uk, batuk sebenarnya memiliki tujuan penting, karena ini cara tubuh Kamu menjaga hal-hal yang tidak diinginkan masuk ke paru-paru. Namun sayangnya, batuk pasca-virus gejalanya bisa bertahan lama di tubuh.

 

Meski hal tersebut membantu Kamu untuk lebih memaklumi kondisi saat batuk, namun tentunya Kamu tidak mau berlama-lama mengalaminya kan, Gengs. Nah, ini ada beberapa tips untuk menyingkirkan batuk dan membuat perjalanan mudik menjadi nyaman. Disimak ya!

Baca juga: Penyakit yang Rentan Menyerang Saat Mudik Lebaran

 

  • Tetap terhidrasi

Saran terbaik adalah menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik jika Kamu sedang flu dan batuk, karena akan membantu mengurangi radang selaput lendir. Selain itu, dengan minum banyak cairan juga akan melumasi dan menjaga tenggorokan. Kamu bisa mencoba minum air hangat dengan madu dan lemon.

 

  • Istirahat yang cukup

Jangan terlalu memforsir tubuh saat dalam kondisi ini, lebih baik istirahat yang cukup untuk memulihkan tubuh dengan cepat. Saat Kamu sedang mudik, usahakan untuk selalu istirahat selama perjalanan mudik dan hindari begadang.

 

  • Jangan hanya membeli obat yang sering digunakan

Lebih baik tanyakan terlebih dahulu pada asisten kesehatan atau apoteker, karena mereka dapat memberikan saran mengenai obat yang cocok untuk Kamu. Karena, salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan orang-orang adalah membeli obat yang sering digunakan, padahal sebenarnya ada beberapa kandungan di dalamnya yang mungkin kurang cocok untuk gejala yang Kamu rasakan.

 

  • Selalu bawa tisu

Kuman dapat tersebar dengan mudah melalui bersin dan batuk. Jadi, selalu bawa tisu dan gunakan setiap batuk atau bersin untuk menghentikan penyebaran kuman ke sekitar Kamu.

 

  • Konsumsi buah dan sayur

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat, terutama yang berasal dari buah-buahan, bisa mengurangi gejala dari batuk. Saat Kamu sedang dalam perjalanan mudik, usahakan untuk menyediakan buah dan mengonsumsinya dengan jumlah yang banyak.

 

  • Biasakan cuci tangan

Biasakan cuci tangan secara teratur dan sesegera mungkin setelah Kamu bersin atau batuk. Hal ini untuk mencegah virus tidak tersebar melalui permukaan benda-benda yang Kamu pegang. Sehingga keluarga, teman, maupun kolega tidak tertular.

Baca juga: 7 Kebiasaan Mencuci Tangan yang Salah
 
  • Konsumsi obat batuk

Apabila dengan cara alami batuk Kamu masih menggangu, berarti ini saatnya Kamu mengonsumsi obat batuk. Obat batuk yang Kamu konsumsi bisa disesuaikan dengan kondisi batuk Kamu, apakah kering atau berdahak.

 

HerbaKOF, Solusi Baik Atasi Batuk

  

Saat ini ada banyak obat batuk herbal maupun kimiawi yang telah disediakan di pasaran. Namun, banyaknya jenis obat batuk tersebut justru membuat masyarakat sulit untuk menemukan obat batuk apa yang harus dikonsumsi.

 

Nah, salah satu solusi obat batuk yang dapat Kamu konsumsi dengan aman adalah HerbaKOF. Obat batuk hasil produksi dari Dexa Medica ini menjadi solusi tepat untuk apapun jenis batuk Kamu. Bahkan, HerbaKOF aman untuk dikonsumsi siapa saja, termasuk ibu menyusui dan anak-anak di atas usia 6 tahun, tanpa efek samping.

 

Untuk Kamu ketahui, HerbaKOF merupakan satu-satunya obat batuk herbal di Indonesia yang diproses dengan teknologi fraksinasi mutakhir, yaitu proses ekstraksi untuk menemukan fraksi spesifik berupa zat aktif ReconylTM. Fraksi tersebut diperoleh dari daun saga, buah mahkota dewa, daun legundi, dan rimpang jahe.

 

HerbaKOF memiliki 4 keunggulan, yaitu:

- meredakan segala jenis batuk

- meredakan radang tenggorokan

- melegakan pernapasan

- menghangatkan saluran pernapasan.

 

Melalui teknologi fraksinasi mutakhir, HerbaKOF terbukti cepat bekerja, efektif mengatasi masalah batuk dan radang tenggorokan, serta aman dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga. HerbaKOF bukan obat batuk herbal biasa. Selain memiliki rasa yang enak, HerbaKOF juga berkhasiat menekan batuk, sebagai antiinflamasi (meredakan radang tenggorokan), sekaligus sebagai trakeoplasmolitik (melegakan saluran pernapasan).

 

Testimoni:

“Yeayy.. senang banget deh sudah mau Lebaran. Momen Lebaran harus jaga kondisi badan. Apalagi, sekarang masuk musim pancaroba. Badan jadi gampang banget terserang virus. Teman - teman tahu enggak, biasanya risiko terkena batuk saat puasa itu bisa 2 kali lipat dibandingkan dengan kondisi tidak berpuasa. Selain faktor cuaca yang bisa menurunkan daya tahan tubuh, tidak adanya lubrikasi saat rongga mulut kering juga mengakibatkan dehidrasi yang memicu terjadinya batuk. Biasanya kalau batuk, saya selalu sedia obat batuk herbal namanya HerbaKOF. Kalau lagi liburan bareng keluarga, saya selalu bawa HerbaKOF Stick Pack, soalnya praktis banget. Jadi kalau anggota keluarga ada yang batuk, langsung deh saya kasih HerbaKOF. By the way, HerbaKOF telah diteliti khasiat dan keamanan melalui uji toksikologi lho. Ini menjadikan HerbaKOF  aman dan mampu bekerja cepat (rapid action) mengusir batuk. Saya senang sekali di zaman semaju ini masih ada obat batuk yang memakai bahan-bahan herbal. Jadi aman dan enggak takut minumnya. HerbaKOF sudah terbukti banget cepat menghilangkan batuk,” Tasya Nurmedia. (WK/OCH)