Saat-saat  yang penting setelah masa kehamilan adalah menyusui. Ketika si Kecil sudah lahir, sangat penting bagi Mums mengetahui persiapan menyusui dan yang terpenting adalah cara menyusui bayi baru lahir yang benar. Karena tidak semua ibu terutama yang baru saja melahirkan anak pertamanya mengerti dan paham betul mengenai persiapan dan cara menyusui bayi baru lahir.

 

Namanya saja bayi baru lahir, tentu berbeda dengan bayi yang usianya lebih tua. Bayi yang baru lahir memiliki tubuh yang masih ringkih sehingga Mums harus hati-hati ketika menggendong atau membawanya. Termasuk ketika menyusui, tulang bayi masih dalam masa pertumbuhan dan sangat berbahaya jika menggendongnya dengan cara yang salah. Posisi menyusui pun juga wajib untuk diperhatikan. Lalu sebenarnya bagaimana persiapan dan cara menyusui bayi baru lahir yang benar?

Baca juga: Petunjuk Pola Makan untuk Ibu Menyusui

 

Persiapan dan Cara Menyusui Bayi Baru Lahir

Persiapan menyusui sebenarnya sudah harus dimulai sebelum bayi lahir ya Mums. Jadi ketika si Kecil telah lahir, Mums pun sudah siap untuk menyusui karena sudah tahu dan belajar bagaiamana cara menyusui bayi baru lahir dengan benar. Yang paling penting dalam mempersiapkan meyusui bayi yang baru lahir adalah mengetahui posisi bayi dan ibu ketika menyusui. Jangan sampai salah ya Mums memposisikan si Kecil ketika menyusui karena bisa berakibat fatal.

 

Sebelumnya, pastikan bahwa sirkulasi Air Susu Ibu sudah lancar atau setidaknya keluar jika dihisap oleh bayi. Setelah itu pastikan bahwa Mums sudah mencuci tangan terlebih dahulu sampai bersih. Selanjutnya, siapkan tempat dan perlengkapan menyusui seperti kursi untuk ibu duduk, sandaran, bantal menyusui dan lain sebagainya. Pastikan posisi mulut bayi tepat pada puting susu sehingga tidak menyulitkan si kecil ketika ingin menyusui.

Baca juga: Mums, Ini Manfaat Menyusui Malam Hari
 

Lalu kapan Jadwal Menyusui Bayi Baru Lahir?

Mengenai jadwal menyusui bayi yang baru lahir sebenarnya ada lho Mums waktu-waktu yang tepat untuk bisa menyusui si Kecil yang baru lahir. Namun mungkin belum semua ibu tahu kapan waktu yang tepat itu. Nah, ada cara-cara sederhana yang dapat Mums terapkan untuk menyusun jadwal menyusui berdasarkan ritme makan si Kecil.

 

1. Perhatikan Siklus Menyusui Bayi

Untuk menyusun jadwal menyusui bayi, Mums harus tahu dulu mengnai siklus makan atau si Kecil minum ASI. Amati bagaimana siklusnya, hal ini merupakan ritme kebiasaan si Kecil ketika menyusui. Biasanya si Kecil akan lapar di jam yang sama dan berkala setiap hari.

 

2. Perhatikan Tanda Bayi Lapar

Untuk tahu kapan waktu yang tepat adalah dari mengetahui tanda-tandanya. Tanda bayi Mums lapar dan ingin menyusu adalah ketika ia menangis. Mungkin tidak semua tangisan bayi bisa diartikan sama, namun untuk bayi baru lahir, alasan terbesar mengapa ia menangis adalah karena ia lapar.

 

3. Terapkan Jadwal Rutin Menyusui

Nah, jika sudah tahu siklus menyusui si Kecil dan mengetahui bagaimana tanda-tandanya jika si Kecil lapar maka Mums bisa terapkan jadwal rutin menyusui. Jadwal menyusui bayi baru lahir dapat dilakukan dengan memberikan ASI setiap 2 hingga 3 jam sekali. Hal ini dapat menjadi stimulator yang bagus untuk bayi.

Baca juga: 8 Kondisi Mums yang Tidak disarankan Memberi ASI

 

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai persiapan, cara menyusui dan jadwal menyusui bayi baru lahir yang dapat Mums terapkan sendiri di rumah. ASI adalah makanan bayi terbaik, jadi berikan nutrisi dan optimalkan pemberian ASI kepada si Kecil untuk keperluan tumbuh kembangnya. 

 

Makanan Super Bagi Ibu Menyusui - Guesehat