Kegiatan rutin yang wajib dilakukan penderita diabetes setiap hari adalah cek gula darah secara mandiri. Dalam sehari, penderita diabetes, terutama yang menggunakan insulin, setidaknya harus memantau kadar gula darahnya sebanyak 7 kali, yaitu setiap sebelum dan sesudah makan dan menjelang tidur. 

 

Memantau kadar gula darah penting agar penderita diabetes dapat mengetahui apakah obat dan pengaturan diet yang sudah diterapkan cukup efektif. Dengan memantau kadar gula darah secara rutin, maka setiap terjadi lonjakan gula darah secara drastis, atau sebaliknya gula darah turun hingga menyebabkan hipoglikemia, dapat segera diatasi. Itu adalah manfaat jangka pendek pemantauan kadar gula secara teratur.

 

Dampak jangka panjangnya tentu mencegah komplikasi serius akibat diabetes. Dengan gula darah yang selalu terpantau berada di kisaran normal, penderita diabetes dapat hidup sehat seperti orang tanpa diabetes. Kamu tahu kan, komplikasi diabetes itu sangat serius, mulai dari penyakit jantung, gagal ginjal, kebutaan, hingga amputasi.

Baca juga: 10 Tanda Diabetes Tak Terkontrol dan Cara Penanganannya

 

Alasan Penderita Diabetes Tidak Patuh Cek Gula Darah

Kewajiban untuk memantau kadar gula darah setiap hari bahkan hingga 7 kali memang menantang dan kadang membuat penderita diabetes merasa kesulitan. Meskipun glukosa meter (glukometer) yang tersedia saat ini sudah didesain sangat praktis, tetap saja tanpa komitmen tinggi, jadwal cek gula darah kadang terlewatkan. Banyak alasan penderita diabetes enggan melakukan tes gula darah secara mandiri, misalnya takut nyeri setiap kali jari ditusuk untuk pengambilan sampel darah, harga alat glukometer yang mahal, persiapan yang panjang sebelum pemeriksaan gula darah, dan sebagainya. 

 

Kini Diabestfriend tidak perlu repot. Pemeriksaan gula darah mandiri sudah semakin mudah, yaitu lewat smart phone. Dibandingkan glukometer konvensional, pemeriksaan gula darah melalui smart phone tentu lebih enggak ribet Gengs! Zaman sekarang siapa sih yang tidak menggunakan smart phone? Inilah yang dimanfaatkan oleh Dnurse Technology, salah satu perusahaan asal China, yang mengembangkan alat pengukur gula darah cepat melalui telepon selular.

Baca juga: Ayo Lakukan Pemantauan Kadar Gula Darah Mandiri!

 

Keunggulan Aplikasi Glukometer

Lantas apa saja keunggulan alat pengukur gula darah cerdas dari Dnurse ini?

 

  • Memenuhi Standar di Eropa

Aplikasi pemantauan gula darah yang dikembangkan Dnurse Technology adalah Dnurse Glucose Meter dan aplikasi Dnurse untuk Android dan iOS. Keduanya sudah mendapatkan persetujuan CE (European Conformity). Kedua piranti ini merupakan glukosa meter pintar pertama dari Asia (China) yang disetujui CE lho, Gengs. Sejak tahun 1985, sertifikasi CE sudah jadi standar wajib yang disyaratkan jika produsen ingin produk-produknya bisa masuk pasar di wilayah ekonomi Eropa (EEA). Sertifikasi dari CE ini menjadi bukti bahwa produk tersebut memenuhi persyaratan sesuai standar CE. Jika sudah memegang sertifikasi CE ini, maka produk pun diakui di seluruh dunia. Persetujuan CE untuk aplikasi glukometer pintar ini menandai dimulainya era baru pengelolaan diabetes melalui ponsel.

Baca juga: Gula Darah Naik Belum Tentu Diabetes

 

 

  • Mudah digunakan

Dnurse Glucose Meter adalah glukometer portabel yang cara pakainya mudah sekali. Unduh aplikasi Dnurse melalui Android Playstore atau Apple store. Kemudian pasang Dnurse ke smartphone melalui headphone jack, lengkap dengan paper prick untuk menaruh sampel darah. Ambil sampel darah dari salah satu jari menggunakan pen suntikan yang juga sudah disediakan khusus dalam perangkat Dnurse, setelah jari disterilisasi dengan alkohol. Teteskan darah di paper prick, dan dalam hitungan detik kadar gula darah Kamu sudah terpampang di layar ponsel. Hanya dalam hitungan detik, hasilnya sudah diketahui.

Hasil tes ini cepat dan akurat. Hasil tes gula darah yang Kamu lakukan kemudian akan dikumpulkan dan disimpan secara otomatis dan permanen ke memori penyimpanan. Tak hanya itu, selain menganalisis tren hasil pengukuran glukosa darah Kamu, alat ini juga dapat mengingatkan tentang jadwal pemeriksaan darah, jadwal minum obat, dan jadwal olahraga Kamu. Bahkan ia dapat mengirim hasil glukosa darah Kamu kepada anggota keluarga dan dokter melalui teks dan email.

 

Dengan teknologi ini diharapkan Diabestfriend tidak malas lagi melakukan pemeriksaan gula darah  mandiri mengingat manfaatnya dalam mencegah komplikasi akut maupun kronis diabetes. (AY/WK)

 

Siapa Berisiko Diabetes - Guesehat